Bahasanya Orang Betawi, Katanya . . .

بسم الله الرحمن الرحيم

Ya saya ngomong katanya bukan katanye karna emang akhiran e dan a terjadi khilaf alias perbedaan pendapat di kalangan orang Jakarta. Saya sedari kecil nda bisa ngomong akhiran e semisal knape, ade ape, dll. Daerah sekitar saya emang kebanyakan ngomongnya berakhiran a. Kecuali emang arah Rawa Belong kebanyakan warga di sana bilangnya e.

Tapi merupakan sebuah ijma alias konsensus di antara mereka untuk bilang e jika huruf vokal a berada di kedua dari huruf terakhir sebuah kalimat. Semisal lalat jadi lalet, pintar jadi pinter, pagar jadi pager, dsb. Atau juga yang berakhiran ai juga berubah jadi e, semisal sampai jadi sampe, baterai jadi batre, petai jadi pete tapi alai ga jadi ale yak dsb.

Sering juga orang betawi “korupsi huruf” pas bilang sesuatu. Misalnya pohon dibilang poon atau juga puun, hancur jadi ancur, ke undangan jadi kondangan, kepala jadi pala, dsb. Ala kulli hal walau kadang ada yang kurang huruf dalam pelafalan kata tapi cintanya kagak bakal kurang koq kalo tuk mencinta. #halah

Oya sebelumnya, asbab saya nulis ini karna postingan yang enih nih. Keywordnya kebanyakan model begini “cowok (sebut nama daerah) cocok dengan cewek betawi atau sebaliknya?”. Makanya saya kan coba buat nulis sedikit kamus yang mencakup bahasa kaum saya. Biar nanti kamu paham apa yang ibuku katakan. Biar nanti kalo emang dapet orang betawi siapapun itu paham apa yang diucap sama mertuanya.

Saya udah berusaha mengingat-ingat beberapa kata, jadi ini nda semua maklumat tentang bahasa betawi yang saya punya. Cuman yang keingetan dan mampir di otak saya aja. Karna saya males nyusun, maka saya gabung aja semuanya dari mulai kata benda, kerja dan sifat jadi satu semua. Saya kan coba nyusunnya berdasarkan kamus biar enak dibacanya. Tuk maknanya saya coba menuliskannya sejelas-jelasnya walaupun mungkin kadang di beberapa kata yang saya tandai ?, jujur saya nyerah buat cari padanan kata atau maknanya yang mendekati. Dan untuk yang mafhum semisal Engkong, Abang, Mpo, gede dan lainnya saya nda masukkan di mari.

No Kata Arti
1 Angot Kumat
2 Asian Cocok
3 Bade Tebak
4 Banda Harta
5 Bebenjit Bocah2
Beberek Teriak
6 Bendo Golok
7 Bengal Bandel
8 Bererot Berderet
9 Boto Nak
Beset Robek
10 Cuntang Gelas Besar
11 Cerecetan Tumpah netes kemana-mana
12 Dangak Mengadahkan pandangan ke atas
13 Demek Basah atau setengah kering
14 Demen Suka
15 Demprok Duduk
16 Encer Cair
17 Embek Lemas?
18 Gado Makan lauk tanpa nasi?
19 Gedik Jitak
20 Gedek Kesal
21 Geledek Petir
22 Gidir Panci
23 Girang Bahagia
Hambal Karpet
24 Ikan (Terkadang) Lauk
25 Iler Air lur
26 Ilir Utara / Meruya Ilir = Meruya Utara
27 Isit Gusi / Isitnya berdarah
29 Jember Kotor
30 Kanji Tendang
31 Kelolodan Momen makanan mampet di tenggorokan
Kejengkang Jatuh ke belakang
Keredong Kain, biasanya keredongan dimaknai selimutan
32 Kumpi Kakek buyut atau kakek dari ortu
33 Kusi Kulit yang agak keputihan karna mandi ga bersih
32 Lagu Tingkah
33 Lelenjing Alu
34 Madekipe Ungkapan kekesalan
35 Medi Setan
36 Medit Pelit
Memengan Gampang sakit
37 Mendusin Bangun dari tidur
38 Mindo Makan
39 Negong Belok
40 Ngebel Nelpon
41 Ngelantur Jalan jalan makna negatif
42 Ngobel ??
Nibra Lompat
43 Ngelongok Lihat atau jenguk
44 Nyangsang Nyangkut
Nyelap Rasa enek pas makan yang terlalu manis
45 Pidet Kelainan lahir??
46 Pites ??
Pilon Polos
47 Ponten Nilai
Plampang Tenda
48 Rapi Selesai atau habis
49 Ringkes Hancur
50 Resek Jelek sifatnya
51 Singit Miring
52 Seiprit Sedikit
53 Sambit Timpuk
54 Samsi ??
55 Steleng Rak piring
56 Tesi Sendok
57 Tosim Sawi
58 Tempayan Sebuah benda??
59 Tekor Rugi
60 Tiban takra Sial

Sebutan nilai nominal rupiah :

5 = Gotun, 25 = Jigo, 50 = Gocap, 100 = Cepek *Pek = seratus, 150 = Pego, 500 = Gopek

1.000 = Seceng, *ceng = seribu, 5.000 = Goceng, 10.000 = Ceban, 50.000 = Goban

100.000 = Cepek ceng

Tapi sering juga 500ribu dibilang gopek, 100rb dibilang cepek, 50rb dibilang gocap, tergantung konteks kalimatnya.

Generasi sekarang karna udah banyak yang sekolah jadi makin sedikit yang paham tentang bahasanya. Vocab #gaya yang dipunyai kedua ortu saya jauh lebih banyak tentunya daripada punya saya. Dan juga vocab yang dimiliki engkong nyai saya tentu jauh lebih banyak lagi.

Ala kuli hal, capek juga bikin postingan kali ini. Maap banget kalo postingannya ga urut dan ga sedap dipandang. Terakhir, barangkali ada yang mau nambahin dan koreksi. Monggo #lha koq jawa endingny??

Tentang Dinar Zul Akbar

Hanya seorang manusia biasa yang dikelilingi hal-hal luar biasa. Keseharian kuliah, kadang nulis, sering tidur dan suka merenung.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , , . Tandai permalink.

22 Balasan ke Bahasanya Orang Betawi, Katanya . . .

  1. aqied berkata:

    Kata katanya masih buanyak yg asing

  2. ardiologi berkata:

    pites = jitak

    gado = dimakan mentah, gak diolah, misal: gadoin indomie 😁😁

  3. sebutan nominal rupiah ala betawi unik, sekarng semua suku pendatang di Jakarta menyebut hal yang sama juga kayaknya.

  4. jampang berkata:

    boto, bukannya cakep cantik seksi?

    Demprok —> saya nyebutnya deprok, tanpa huruf “m”

    pites —> matiin kutu kepala pake kuku jari 😀

    Nyangsang —> saya nyebutnya nyangsran, ada tambahan huruf r

    blegod : terlanjang dada

    nyangket : lengket, kondisi badan ketika baniir keringat

  5. mysukmana berkata:

    kadang lucu kalau denger bahasa betwai, jad inget si doel sama benyamin hihi

  6. Asop berkata:

    Waaaah di awal postingan saya ketawa entah kenapa. 😀
    Dan makasih atas tulisan ini, saya baru tahu bahwa kondangan itu “ke undangan” dan banyak lagi istilah yang saya baru ngerti muasalnya. 🙂

  7. rizzaumami berkata:

    kondangan = ke undangan, *hmmm* baru tahu -..-

  8. rangtalu berkata:

    iye mpok, makasi ye mpok, aye jadi banyak tau nih 😀

  9. turiscantik berkata:

    Ajigileee ane baru tau neh inpohnya

Tinggalkan Balasan

