Dinar Itu Seorang Yang Ganteng

بسم الله الرحمن الرحيم

*uhuk

Maap sebelumnya bukan maksud narsis atau apa. Maksud dari judul sebetulnya adalah untuk menerangkan bahwa saya itu laki-laki bukan perempuan sebagaimana banyak yang dituduhkan kepada saya. Itu makanya saya tulis Dinar itu seorang yang ganteng, karna mutlak hukumnya yang ganteng itu laki-laki bukannya perempuan. Karna perempuan itu cantik kayak kamu.

Jadi Dinar itu seorang yang ganteng = Dinar itu seorang laki-laki. Oke?? Clear ya??. Awas ada yang nuduh saya narsis *siap ambil batang pohon korma

Sebetulnya saya udah posting di MultiPly dulu. Karna di MP juga nda sedikit yang berprasangka bahwa saya itu perempuan yang cantik. Tapi berhubung mungkin masih ada yang kira saya perempuan, maka tulisan ini bakal bahas tuntas tentang nama saya ini.

Dinar / دينار dalam bahasa arab berarti uang emas yang digunakan semasa kekhilafahan Islam. Nilainya setara 10 Dirham (uang perak). Dinar sekarang mungkin udah nda ada, ada mungkin tapi nda bisa jadi alat tukar. Dinar Kuwait (uang kertas) setau saya yang paling mahal. Gossipnya 1 Dinar Kuwait = 12-15 Riyal Saudi, itu berarti sama aja 45.000 rupiah. Balik ke topik, nama Dinar bukan berarti saya juga mata duit-an. Mungkin itu do’a kedua orang tua saya biar bisa bernilai dan berharga seperti Dinar.

Masuk ke pembahasan, kenapa nama Dinar itu seorang yang ganteng (baca : laki-laki)??

Karna dia dalam bahasa arab merupakan mudzakkar atau kata benda laki-laki. Dalam grammar bahasa arab, aturan mengenai kata benda laki-laki dan perempuan bisa dibilang tegas. Secara umum kalo dia kata benda laki maka nda boleh nanti sifatnya perempuan, begitupun sebaliknya. Mungkin di bahasa Indonesia nda ada aturan semacam ini. Misalnya :

Budi murid yang cerdas

Tadi Budi yang merupakan kata benda laki-laki, sekarang kita ganti dengan kata benda perempuan

Mega murid yang cerdas

*lho koq Budi sama Mega??.

Baik Budi dan Mega sama-sama cerdas sifatnya. Nda ada perubahan sama sekali baik dari pelafalan ataupun tulisan. Beda sama bahasa arab. Misalnya

بودي تلميذ ذكي

Ini yang mudzakkar. Sekarang kita ganti muannats (kata benda perempuan).

ميغا تلميذة ذكية

Jelas beda dari sifat, yang satu tilmidz dzakiy, sedangkan yang satu tilmidzah dzakiyyah. Padahal artinya sama-sama murid yang cerdas.

Nah Dinar itu mudzakkar karna sifatnya juga laki-laki. Misalnya ada dalam sebuah haditsnya Rasul sholallahu ‘alayh wasallam pernah bilang

أفضل دينار دينار ينفقه الرجل على عياله

Sebaik-baiknya Dinar, adalah Dinar yang diinfaqkan seorang laki-laki untuk keluarganya

Disitu kata ganti dari Dinar ada huruf ه yang mana kata ganti atau dhomir Hu tadi adalah untuk laki-laki. Sedangkan untuk perempuan kata gantinya atau dhomirnya adalah ها atau dibaca Ha.

Kenapa Dinar juga kata benda laki-laki??

Karna disitu nda ada tanda-tanda dari muannats (kata benda perempuan). Dan tanda-tanda muannats yang paling umum itu ada huruf ة atau Ta Marbuthoh. Misalnya Fathimah فاطمة, atau Khadijah خديجة, dan banyak lagi yang saya agak males nulis satu per satu disini. Walaupun di tiap aturan ada yang namanya istitsna/exception/pengecualian semisal Zaynab, atau Hindun, disitu nda ada Ta Marbuthoh-nya tapi dia tetep muannats. Karna dari zaman dulu yang namanya Zaynab dan Hindun itu nama perempuan.

Kenapa Dinar juga kata benda laki-laki??

Karna emang Dinar itu nama buat seorang laki-laki. Bisa dicek di buku-buku sejarah keislaman. Ada tabi’in namanya Amr ibn Dinar, ada ulama yang namanya Malik ibn Dinar, Hammad ibn Dinar. Dan di kalangan orang arab, mereka sistemnya patrinialistik jadi bin itu ikut ke nama bapaknya. Jadi Amr, Malik, dan Hammad adalah orang-orang yang punya bapak -dan itu pasti laki-laki- yang bernama Dinar.

Saya juga heran, koq bisa-bisanya nama Dinar itu buat perempuan di Indonesia. Perasaan saya nama Dinar itu terdengar maskulin, kadar kemanisan yang biasa ada di nama perempuan juga bisa dibilang nihil. Oya, lagi-lagi karna Dinar berasal dari bahasa arab maka tuk menilai gimana-gimananya yaa harus dikembalikan ke bahasa induknya. Perlu diketahui bahwa nama di bahasa arab itu -sejauh yang saya tau- nda ada yang musytarok atau kerennya unsex name.

Pada akhirnya, saya cuman bisa kasih saran buat anda iya anda. Kalo punya anak perempuan dan pengen kasih nama Dinar, baiknya diurungkan kembali niatan itu. Kasihan tuh dinar-dinar yang lain, yang sering disangka perempuan.

Terakhir saya kasih poto saya yang masih cilik, biar pada yakin bahwa saya ini Laki-laki 100%.

IMG_0005

*masih menghitung detik-detik semester baru

Iklan

Tentang Dinar Zul Akbar

Hanya seorang manusia biasa yang dikelilingi hal-hal luar biasa. Keseharian kuliah, kadang nulis, sering tidur dan suka merenung.
Pos ini dipublikasikan di Bagi-bagi dan tag , , . Tandai permalink.

26 Balasan ke Dinar Itu Seorang Yang Ganteng

  1. limaumanes berkata:

    😀 Dinar temen kkn ku dulu perempuan loh. Lengkapnya dinar agnesia.

  2. aminocte berkata:

    Kayaknya karena Dinar itu mirip Dina, jadi kedengarannya kayak nama perempuan. Jadilah digunakan untuk menamai anak perempuan. Ini analisis sotoyku aja, sih 🙂

  3. JNYnita berkata:

    Huahahhaaa.. Hrs dishare di grup ini Din.. 😀

  4. rivenskyatwinda berkata:

    assalamu’alaykum dedek, mau pergi ngaji di surau ya, dek? lucu banget kecilnya.
    usia berapa itu? datar banget. ekspresinya lucuan yang di fb.

  5. wakwakwak..well explained. Mungkin kalo di indonesia, Danar cenderung untuk laki-laki, sedangkan Dinar perempuan.

  6. jampang berkata:

    lho? jadi cowok toh?

    😛

  7. pitaloka89 berkata:

    Judulnya mengundang kontroversi…. #padahal belum baca isinya

  8. rizzaumami berkata:

    nama saya Umami bang, kalau di forum sering dikira nama buat cewek. tapi kayaknya emang universal sih. Eka buat ce-co, Sulis ce-co, Dian ce-co. semuanya saya kenal dan itu menurut saya nama yang normal.

  9. Hikari Azzahirah berkata:

    waduuh… penjelasannya panjang beneeerr…
    bener tuh kyk kata nita, harus di-share di grup cit-cet :))

  10. Faris berkata:

    Salam kenal mas, saya mengakui kok mas orang yang laki-laki banget. ahaha
    btw, kalau mas menghitung semester baru, saya malahan baru mau menjelang Liburan. 🙂

  11. ardiologi berkata:

    mungkin pada salah denger dari “Dinar” jadi “Dina R.” 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s