Telat Nikah

بسم الله الرحمن الرحيم

Definisi Telat menurut KBBI itu terlambat, sedangkan terlambat itu artinya lewat dari waktu yang ditentukan. Misalnya, kereta itu telat datang. Maknanya itu jadi, kereta itu datang namun lewat dari waktu yang telah ditentukan.

Sedangkan Nikah arti di KBBI adalah ikatan perkawinan yang dilakukan sesuai dengan ketentuan hukum dan agama.

Sekarang kita gabung jadi Telat Nikah. Secara istilah, ini tak terdapat di kamus besar bahasa Indonesia. Lantas ada dimanakah ia berada??. Mungkin jawabannya bisa jadi hanya berada di pikiran anda dan orang tua anda saja. Selebihnya tidak.

Tapi kalaulah kita kembali ke pengertian aslinya. Maka harusnya tidak ada istilah telat nikah. Toh, nikah itu bukan ibadah yang ada jadwalnya. Barangkali kawin, mungkin ada musimnya, tapi untuk nikah rasa-rasanya belum ada. Sholat misalnya, kalo dia misalnya bangun shubuh jam lima pagi terus mandi sampaai matahari muncul. Maka bisa dikatakan si fulan sholat shubuhnya telat. Karna waktu shubuh dimulai sejak fajar sampai syuruq.

Atau juga buat kaum Hawa. Mereka itu kan biasanya kedatangan tamu rutin. Kalo-kalo seandainya tamu yang biasa datang itu lewat dari waktu yang ditentukan atau sebagaimana biasanya ia. Maka bisa dikatakan si fulanah telat datang bulan.

Dan juga kalo diliat dari aspek hukumnya. Asal hukum nikah itu boleh atau jaiz. Perkara nanti jadi wajib, sunnah, makruh, haram dan sebagainya tergantung dari kondisinya masing-masing. Beda sama sholat dia itu wajib sejak usia takalluf. Artinya, kalo dia belum kerjain sholat tapi usianya udah masuk fase baligh, maka sudah kena konsekuensi logis yang namanya dosa.

Kadang (kadang lho ya) banyak diantara pemuda-pemudi di negeri kita yang agak khawatir istilah ini menempel di dirinya (termasuk anda mungkin ??hhe ). Akan menjadi sebuah beban bahkan sebuah kengerian, kalau-kalau nanti ada yang disebut bujang lapuk atau perawan tua. Karena emang mereka-mereka ini yang sangat lekat dengan istilah telat nikah tadi.

Nah, biasanya dalil mapan-lah yang jadi ajian utama kaum Adam. Namun, heran dan lucunya udah tau belum mapan dan belum punya nyali, tapi bisa-bisanya kasih peluang atau harapan. Ini nih yang bahayya (huruf Y-nya dikasih tasydid). Karna cara pandang laki-laki itu memang sangat berbeda dengan perempuan. Mereka lebih menjaga kehormatan dirinya di depan calon mertua (ini kata orang lho, saya cuman ngutip).

Fenomena telat nikah (anggap aja istilah ini ada dan layak untuk dipergunakan) di TimTeng sana. Terutama bagi kaum wanita, menyebabkan suatu perkara baru yang disebut nikah mis-yar (Lebih lengkap tanya Eyang Gugel saja). Karna biasanya para keluarga wanita mematok “harga” yang terlampau tinggi –terutama mereka yang bermukim di kota- bagi pria yang berniat melamar putrinya. Walhasil, para wanita-wanita itu tak kunjung jua mendapatkan pujaan hatinya, lantaran hilangnya mental para kaum pria.

Tapi kalo ditengok sejarah para salafus sholeh. Sebut saja Muhammad ibn Ishaq ibn Muhammad ibn Yahya ibn Mandah atau yang ma’ruf dikenal dengan sebutan Ibnu Mandah rohimahullah. Seorang Hafizh sekaligus Imam yang diceritakan berguru kepada kurang lebih 1700 syaikh. Konon, imam yang mulia ini baru menikah setelah pulang menuntut ilmu diberbagai belahan dunia Islam selama 45 tahun lamanya. Ia pulang kampong lantas menikah disana dan umurnya saat itu menginjak 65 tahun (kurang lebih). ###keringetan

Atau juga kita intip sejarah seorang imam besar Muhammad ibn Jarir ibn Yazid ibn Katsir ibn Gholib atau yang lebih dikenal Abu Ja’far Ath Thobariy. Pemilik kitab Jami’ul Bayan Fii Tafsiril Quran atau biasa disebut tafsir ath Thobariy. Yang mendapatkan rangking 1 dalam ilmu tafsir quran dikalangan para ulama.

Disebutkan juga dalam sejarah, bahwa sang imam mulia rohimahullah dikarnakan saking tekunnya menuntut ilmu dan mencari ridho Allah. Ia menikah dalam usia yang lumayan tua yakni umur 80-an tahun. Luarrrr biasaa. Dikarenakan telah merasakan manisnya menuntut ilmu maka kedua imam besar ini dapat dengan mudah mengesampingkan manisnya biduk rumah tangga. ###mimisan

Atau ambil contoh Imam Nawawi aja rohimahullah yang meninggal diusia 40an tahun. Dan beliau rohimahullah belum sempat -di sepanjang hidupnya- keluar dari mulutnya ucapan ijab Kabul. ###pingsann

Tapi ada baiknya kita teringat akan sebuah perkataan seorang penyair arab yang berbunyi :

فإن تسئلونني عن النساء

فإني عليم بأدواء النساء طبيب

إذا شاب رأس المرء أو قل ماله

فليس له في ودهن نصيب

يردن ثراء المرء حيث وجدنه

و شرخ الشباب عندهن عجيب

Apabila kalian bertanya kepadaku tentang ihwal wanita

Maka aku adalah orang yang mengetahui obat dari segala macam penyakit mereka

Jika seseorang telah beruban rambutnya atau sedikit hartanya

Maka tak ada lagi cinta dari para wanita yang tersisa untuknya

Mereka (para wanita) menginginkan kekayaan laki-laki ketika pertama kali, mereka melihatnya

Dan pesona para pemuda di sisi mereka sangatlah istimewa

Tapi lagi-lagi, usia yang tua bukanlah hijab dari sebuah proses berumah tangga. Tengok sajalah Nabi sholallahu ‘alayh wasallam yang menikahi ‘Aisyah rodhiyallahu ‘anha sementara umurnya saat itu sekitar 50an tahun. Yang terpenting adalah pesona, brouw (jiah udah kayak dukun).

Maluuu rasanya sama Eyang Sub*r yang masih bisa dapatkan bukan hanya satu tapi beberapa wanita dalam usia senjanya.

Tapi buat yang masih sabar menjomblo (termasuk saya) ada baiknya kita renungkan lagi firman Allah ta’ala dalam surat an Naziat 40-41.

“Dan adapun orang–orang yang takut pada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka Sesungguhnya surgalah tempat tinggalnya.” 

و الله أعلم

**maap dah kalo agak berantakan,, edisi paska ujian chunin

Iklan

Tentang Dinar Zul Akbar

Hanya seorang manusia biasa yang dikelilingi hal-hal luar biasa. Keseharian kuliah, kadang nulis, sering tidur dan suka merenung.
Pos ini dipublikasikan di Bagi-bagi, Nikaah dan tag . Tandai permalink.

6 Balasan ke Telat Nikah

  1. Iwan Yuliyanto berkata:

    Kapanpun usianya menikah asal ia masih sempat mengajarkan kpd putra-putrinya ilmu yg bermanfaat sehingga menjadi anak sholeh/sholihah, yg menjadi pahala yg tidak terputus saat ia berada di alam kubur.

  2. j4uharry berkata:

    pak Dinar kapan nikah ???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s